TNI AU Usulkan Pangkalan Militer Baru di Batam

banner%2Bfb.png





Pilot mengoperasikan helikopter NAS 332 Skadron 6 guna mengevakuasi seorang pilot yang pesawatnya tertembak dalam puncak Latihan Tempur Angkasa Yudha 2016 di Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (6/10). (ANTARA FOTO/M N Kanwa)




INDONESIA MILITER - TNI Angkatan Udara telah mengusulkan untuk mendirikan sebuah pangkalan udara militer baru di Bandara Internasional Hang Nadim di Batam, The Jakarta Post melaporkan.

Pangkalan udara baru ini sejalan dengan perintah Presiden Joko Widodo untuk menjaga perbatasan Indonesia dan menjunjung tinggi kedaulatan nasional.

Pangkalan Batam akan menjadi pangkalan Angkatan Udara ketiga di provinsi Riau, setelah pangkalan Raja Haji Fisabilillah di Tanjung Pinang dan pangkalan Raden Sadjad di Natuna.

Tim manajemen bandara Hang Nadim mengatakan bahwa mereka menerima sebuah proposal dari Angkatan Udara untuk merencanakan dua hektar di kompleks bandara untuk mengembangkan basis jet tempur. Plot tersebut akan mencakup fasilitas untuk apron dan hanggar yang mampu menampung empat pesawat tempur F-16.


“Angkatan Udara, melalui markasnya di Tanjung Pinang, mengirimkan proposal tersebut pada bulan Maret. Kami belum meresponnya, karena kami akan segera membentuk tim khusus,” kata manajer operasi umum Hang Nadim, Suwarso, pada hari Selasa (2/5).

“Alasan untuk mengembangkan (pangkalan udara) di Hang Nadim adalah demi kedaulatan negara dan untuk mendukung akses jet tempur ke Natuna, terutama karena posisi strategis Batam,” kata Suwarso.

Dia mengatakan bahwa tim khusus akan mempelajari proposal tersebut, karena akan mempengaruhi kemampuan Hang Nadim untuk melayani sebagai bandara alternatif untuk Singapura dan Malaysia berdasarkan pedoman penerbangan sipil internasional.

Pemerintah Indonesia pada tahun lalu mengumumkan bahwa pihaknya akan membangun sebuah pangkalan militer bersama di perairan Natuna. Presiden Jokowi juga telah mengindikasikan ingin merebut kembali kendali Informasi Wilayah Penerbangan di atas Kepulauan Riau dari Singapura.


Sumber: todayonline.com



banner%2Bfb.png
close
== [Close] ==
>