HMS Ocean Mungkin Tepat Dibeli Indonesia

banner%2Bfb.png










Indonesia MiliterDibangun antara tahun 1993 dan 1998, HMS Ocean telah menjadi kapal serbu amfibi utama Angkatan Laut Inggris. Berbobot 21.000 ton, dengan kecepatan 18 knot dan dapat membawa sampai 18 helikopter. HMS Ocean juga memiliki fasilitas untuk mengangkut dan mengerahkan perahu pendarat, pasukan marinir, dan kendaraan darat.

Singkatnya, HMS Ocean adalah kapal amfibi yang cukup besar, dengan pelat datar pendaratan helikopter yang luas. Dengan umur yang masih tersisa beberapa tahun, dan menjelang selesainya pembuatan dua kapal operator besar HMS Queen Elizabeth dan HMS Prince of Wales, Angkatan Laut Inggris sudah tidak membutuhkan lagi HMS Ocean.

Harga yang diminta untuk HMS Ocean sebenarnya cukup murah, dilaporkan sekitar US$ 75 juta, dan bisa diangsur. Tentu saja, biaya untuk pemeliharaan dan pembelian helikopter maritim akan lebih besar, tetapi juga harus dikelola oleh Angkatan Laut yang sudah memiliki pengalaman mengoperasikan helikopter maritim.

Angkatan Laut Indonesia menghadapi masalah strategis dan operasional yang sama dengan Malaysia. Dengan luas wilayah lautan yang lebih luas dan juga menjaga kemampuan HA / DR (High Availability / Disaster Recovery), memiliki kapal amfibi yang besar seperti HMS Ocean bagi Indonesia sangat tepat.

Kapal operator helikopter HMS Ocean juga bisa membantu Indonesia mengembangkan keahlian untuk mengoperasikan kapal perang generasi masa depan.

Sumber : The Diplomat



banner%2Bfb.png
close
== [Close] ==
>